Thursday, September 16, 2010

Meledaknya Kembali HIV/AIDS di Indonesia

Masalah lama terkuak kembali. menyebarnya kembali penyakit HIV/AIDS yang telah banyak memakan korban terutama remaja, perlu mendapat perhatian yang lebih. Di indonesia telah tercatat sebanyak 21.770 kasus AIDS terjadi di seluruh kota/kabupaten Indonesia tentu saja ini adalah ancaman yang sangat serius bagi seluruh kalangan di indonesia.

"Kasus AIDS yang terjadi di seluruh kota/Kabupaten di Indonesia sebanyak itu dihitung hingga 30 Juni 2010," katanya. Dikabarkan dalam republika.co.id, rata - rata penderita HIV/AIDS adalah remaja berusia 20 hingga 29 tahun yang 37,2 persen."Sedangkan penderita AIDS yang berusia 40 hingga 49 tahun hanya mencapai 11,8 persen saja.

Penyebab utama merabahnya kembali penyakit ini bukan lagi karena penularan melalui jarum suntuk tetapi melalui hubungan seks. Dominasi penyebaran terjadi di daerah papua, bali, dan DKI jakarta. Menurut menteri kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, penderita HIV / AIDS sangat mendominan di DKI jakarta yang mencapai 9.804, Jawa Timur mencapai 5.973.

Perlu adanya peningkatan bimbingan dan konseling bagi mereka yang belum tertular penyakit ini. Hindari penyakitnya bukan orangnya.

No comments:

Post a Comment