Wednesday, September 29, 2010

Kepastian Kelamin Alter Terungkap

Setelah melalui perdebatan, akhirnya hakim ketua Sudarwin bisa melihat kelamin Alter didampingi hakim anggota secara tertutup di lantai dua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Nanti sajalah pas tuntutan, nanti juga diberi tahu, kok," kata Sudarwin sembari tersenyum usai melihat kelamin Alter, Selasa (28/9/2010).

Sudarwin sebagai hakim ketua dalam sidang lanjutan kasus dugaan pemalsuan identitas dengan terdakwa Alterina Hofan, sebelumnya meminta Alterina Hofan (Alter) untuk memperlihatkan kelaminnya guna memastikan apakah benar Alter seorang laki laki.

Mantan Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo, Jawa Timur, itu meminta agar Alter memperlihatkan di depan hakim ketua, jaksa dan kuasa hukum Alter. Namun Alter hanya mau memperlihatkan jenis kelaminnya di depan hakim ketua dan menolak memperlihatkan di depan jaksa Sutikno.

Sementara, dalam persidangan ini, Alter mengaku mengubah statusnya dari perempuan menjadi laki-laki sejak masa kanak-kanak karena memang memiliki kelamin laki laki.

Alter juga mengaku telah mengajukan permohonan Akte Kelahiran perubahan status di kantor Sipil Jayapura Papua sebelum mengajuan Kartu Keluarga (KK) pada tahun 2000. Sehingga, ia mendapat panggilan ke Papua untuk memastikan bahwa Alter memang laki-laki.

Pengajuan pembuatan Kartu Keluarga (KK) dan KTP identitas kelamin terjadi pada tahun 2006 dan selesai pada tahun 2007.

sumber info: kompas

No comments:

Post a Comment